Alfi’S Expressions

Happy to share my feelings

bisnis online

SEO – Apa Sih Rahasianya Bisa Diranking Search Engine ?

Jadi, apa rahasianya agar website kita bisa diranking oleh search engine?

Singkatnya, tulislah isi atau konten yang baik. Maksudnya?

  • Jadilah yang berwenang. Kalau website kita adalah website resmi dari sebuah organisasi, pemerintah, kantor, tampilkan isi/konten yang jelas menunjukkan bahwa website ini adalah website resmi. Begitu juga jika website kita tentang orang terkenal, buat terlihat seolah-olah memang website resmi orang tersebut. Ingat, Google akan menampilkan website resmi di peringkat atas untuk pencarian bertipe navigasi.
  • Tawarkan informasi yang mendalam seperti kita adalah ahlinya. Tulis web yang berisi jawaban lengkap bagi orang-orang yang mencarinya. Mesti sebaik atau bahkan lebih baik dari artikel di ensiklopedi. Harus cukup pantas untuk dipublikasikan di majalah terkenal. Kalau berisi informasi tentang Venesia misalnya, buat tulisan sebaik yang dibuat lonely planet. Kalau menulis tentang restoran China di Bandung, misalnya, tulis kesan kita tentang restoran itu, apa resepnya, berapa harga rata-rata, peta lokasinya, dan selengkapnya.
  • Kalau belum sanggup, paling tidak tulis informasi yang belum ditulis orang di Internet, atau yang masih sedikit saingannya :-).

Yah begitulah, memang tidak mudah, orang-orang ingin mencari informasi yang terbaik, sedangkan search engine ingin memenuhi keinginan tersebut. Halaman terbaik akan berada di puncak.

Bagaimana kalau kita tidak bisa memenuhi segala syarat di atas? Ada cara lain, yaitu kita beriklan di search engine, dengan mengikuti PPC (Pay Per Click) program. Kita minta search engine untuk menampilkan link kita di halaman hasil pencarian, jika ada yang mengklik link tersebut maka kita harus membayar sebesar yang disepakati. Biasanya, tampilan link berbayar ini berwarna berbeda dengan hasil pencarian biasa.

Jadi, pilih yang mana, gratisan atau bayar? Semuanya menuntut pengorbanan…..

RSS 2.0 | Trackback | Comment


Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>