Alfi’S Expressions

Happy to share my feelings

bisnis online

Sharing Koneksi Internet Menggunakan Modem HP

Mungkin artikel mengenai hal ini sudah banyak dibahas, tapi karena hal ini belum pernah saya gunakan, saya tidak tertarik membahasnya. Selama ini koneksi Internet di rumah atau kantor saya menggunakan Telkomspeedy atau Telkom Astinet sehingga mudah sekali membuat sharing Internet ke beberapa komputer.

Namun karena mulai bulan ini jatah Internet di rumah dikurangi dari paket Socialia unlimited ke paket mail – yang cuma dapat kuota 15 jam perbulan – maka setelah jatah tersebut habis, kami kembali menggunakan modem HP SMART yang murah meriah: …

beli pulsa lima puluh ribu rupiah, dapat gratis akses Internet unlimited selama 14 hari, setelah itu pulsa tadi bisa digunakan untuk membeli akses Internet unlimited lagi selama 21 hari seharga empat puluh lima ribu rupiah. Jadi dengan pulsa Rp 50.000, bisa digunakan untuk akses Internet unlimited selama 5 pekan (35 hari) ditambah saldo pulsa sebesar Rp 5.000.

HP modem Haier C700

Kalau Internet Telkomspeedy bisa di-sharing menggunakan router atau switch, bagaimana dengan Internet SMART yang menggunakan modem HP yang dikoneksikan langsung ke port USB laptop/komputer?

Sharing ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan fungsi Internet Connection Sharing (ICS) dan koneksi jaringan ad hoc pada Microsoft Windows. Salah satu laptop/komputer difungsikan sebagai host. Laptop ini tersambung ke Internet melalui modem HP dan harus mempunyai card WiFi sehingga koneksi antar komputer bisa dilakukan secara wireless. Laptop yang lain bisa bergabung ke jaringan ad hoc menggunakan adapter WiFi masing-masing.

Pada laptop yang menjadi host, di-enable dulu Internet Connection Sharing (ICS)-nya, agar koneksi modem HP-nya dapat digunakan oleh lebih dari satu komputer, dengan cara:

  1. Klik “Start” – “Control Panel” – “Network and Internet” – “Network and Sharing Center”
  2. Klik “Manage Network Connections”, lalu klik kanan pada modem HP yang digunakan untuk koneksi ke Internet, pilih “Properties”
  3. Klik tab “Sharing” dan cek kotak di samping pilihan yang bertuliskan “Allow other network users to connect through this computer’s Internet Connection. Klik “OK” untuk mengaktifkan pilihan dan menutup jendela setting.
  4. Putuskan koneksi ke Internet melalu modem HP tadi, kemudian koneksi ulang agar setting di atas berfungsi.
Kemudian, buat jaringan ad hoc dari laptop yang sama:
  1. Klik “Start” – “Control Panel” – “Network and Internet” – “Network and Sharing Center”
  2. Klik “Set up a connection or network”, pilih “Set up a wireless ad hoc network, lalu klik “Next”
  3. Konfigurasikan jaringan ad hoc wireless yang akan dikoneksi oleh laptop lain jika ingin mengakses Internet melalui modem HP tadi. Ketik nama jaringan pada isian “Network name” dan pilih tipe sekuriti jaringan, bagusnya WPA2 Personal, tapi laptop lama biasanya hanya WEP. Buat kata kunci untuk mengakses jaringan ad hoc ini dengan 8-63 karakter panjangnya. Lalu cek piliha “Save this network” jika kita akan menggunakan jaringan ini kali lain.
  4. Klik “Next” kemudian “Close”, maka jaringan ad hoc sudah terbentuk.
Menyambung laptop lain ke jaringan ad hoc yang sudah dibuat:
  1. Klik “Start” – “Control Panel” – “Network and Internet” – “Network and Sharing Center” – “Manage Wireless Network”
  2. “Refresh wireless network list” – klik ganda pada nama jaringan ad hoc yang tadi dibuat, lalu isikan kata kunci jaringan dua kali.
  3. Klik “Connect”, tunggu sebentar, dan …
  4. Laptop ini sudah tersambung ke jaringan ad hoc.
  5. Buka browser Internet dan silakan mulai berselancar di dunia maya.
Sekarang, modem HP USB pun bisa digunakan secara bersama-sama dengan banyak laptop/komputer.
Selamat tinggal Speedy …..
Eh, gak dink… cuma kalau kuota 15 jam-nya sudah habis, baru saya tinggal “kabur” ke SMART.
    RSS 2.0 | Trackback | Comment


    Leave a Reply

    XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>