Alfi’S Expressions

Happy to share my feelings

bisnis online

Bagaimana Update dan Akses App Store Windows 8 Melalui Proxy

Windows 8 memang keren. Tampilan dan fitur-fitur yang ditawarkan sangat menarik. Hanya satu masalahnya yang bisa membuat pusing kepala, yaitu jika Windows 8 digunakan di belakang proxy alias harus melewati proxy untuk mengakses Internet.

Saya menggunakan Windows 8 baik di rumah maupun di kampus. Yang di rumah tidak menjadi masalah, akses Internet menggunakan Speedy. Update otomatis berjalan dengan baik. Begitu juga dengan aplikasi Pokki yang digunakan untuk memunculkan tombol Start, serta Windows App Store-nya dapat berfungsi normal. Sedangkan yang di kampus, update otomatis Windows tidak jalan, aplikasi Pokki juga tidak berfungsi, termasuk Windows App Store-nya. Bingung juga, karena hardisk yang di kampus adalah cloning-an hardisk yang di rumah, kok bisa beda ya?

Setelah diteliti 8) masalahnya adalah penggunaan proxy berautentikasi pada komputer yang di kampus. Windows 8 tidak bisa melakukan update dan juga akses App Store jika harus melewati proxy.

Pokki di Windows 8

Pokki yang sudah bisa akses Windows 8 App Store

Gawat juga nih, soale Windows Defender-nya sudah minta di-update terus. Ya sudah, seperti biasa, tanya Oom Gugel deh. Ketemu juga akhirnya. Nah, yang mempunyai persoalan yang sama, bisa coba langkah-langkah di bawah ini:

  1. Instal CCProxy untuk membuat komputer kita menjadi host proxy. CCProxy bisa di-donlot di sini.
  2. Jalankan CCProxy, buka Options -> Advanced -> Cascading -> Enable Proxy Cascading. Masukkan proxy yang sekarang digunakan, masukkan username dan password untuk mengakses proxy tersebut, dan klik OK. Minimize CCProxy, biarkan berjalan di background. Tambahkan CCProxy pada startup dengan cara: Tekan tombol Windows+R, tulis “shell:Startup”, tempelkan shortcut CCProxy pada folder tersebut.
  3. Untuk membuka blok program yang menolak akses melalui proxy, gunakan Loop Back Exemption Utility Tool. Setelah di-instal, jalankan aplikasi tersebut, tekan “Exempt All”, dan “Save Changes”. Nanti, setiap kali meng-instal program baru, jalankan kembali aplikasi ini untuk membuka blok program yang baru.
  4. Konfigurasi komputer sebagai proxy server yang baru. Buka Internet Explorer -> settings -> Internet options (atau buka Control Panel -> Network and Internet -> Network and Sharing Center -> Internet options). Buka tab Connections, klik LAN Settings, ganti alamat proxy dengan alamat IP komputer ini, dan ganti port-nya menjadi 808.
  5. Untuk mengecek apakah konfigurasi proxy yang baru sudah berhasil: buka command prompt sebagai administrator, ketik “netsh winhttp import proxy source = ie”. Jika semua OK, akan tampil alamat proxy yang baru yaitu alamat komputer ini dengan port 808.
  6. Modifikasi file registry. Tekan tombol Windows+R, ketik regedit, dan OK. Cari HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\NlaSvc\Parameters\Internet\ EnableActiveProbing. Ganti value-nya dengan 0 (nol).
  7. Modifikasi group policy, dengan menekan lagi tombol Windows+R, ketik gpedit.msc, dan OK. Buka Computer Configuration -> Administrative Templates -> Network Isolation. Klik 2 kali “Proxy Definitions Are Authorative”, pilih “enable”, klik OK. Lakukan juga pada “Subnet definitions are authorative”.
Beres. Tiba-tiba, peringatan untuk meng-update Windows Defender hilang. Berarti sekarang Windows sudah bisa melakukan update. Lalu aplikasi Pokki pun bisa berjalan dan bisa mengakses Windows App Store. Donlot Angry Birds dolo ah …..

Semoga bermanfaat.

Sumber: http://drdebmath.blogspot.com/2012/11/use-proxy-windows8-iitg.html

    RSS 2.0 | Trackback | Comment


    5 Responses to “Bagaimana Update dan Akses App Store Windows 8 Melalui Proxy”

    1. Isal

      Wah kebetulan nih mas..
      bermanfaat mas..
      persis dgn prmasalahan saya…

      Terimakasih Mas Alfi….


    2. assalamualaikum 😀 saya nga mau comment apa2. cuma pengen isengin ustad ajaa udah lama
      ga ketemu abisnya hahaahaa. always success and Allah bless you ustad gaul


    3. iqbalzac = iqbal zaki bolung ?

    4. galang

      permisi min,saya mau Tanya kalo yang step 4 ip computer ini maksudnya apa ya min?


    5. @galang: maksudnya alamat IP komputer kita. Bisa dilihat menggunakan command prompt (Run – cmd.exe), ketik ipconfig. Alamat IP komputer kita adalah yg ditunjukkan oleh IPv4 Address.

    Leave a Reply

    XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>