Alfi’S Expressions

Happy to share my feelings

bisnis online

IT Management

Semester ganjil ini, saya kebagian mengajar mata kuliah IT Management di Fakultas Teknologi Informasi Universitas Al-Zaytun Indramayu Indonesia untuk mahasiswa semester 7. Mata kuliah ini baru bagi saya, biasanya saya mengajar seputar networking: computer technology, networking, dan network planning and administration.

Ada beberapa referensi berbahasa Indonesia yang cukup menunjang pelajaran ini seperti: Sistem Teknologi Informasi karangan Prof. Jogiyanto, Manajemen Sistem Informasi karangan Zulkifli Amsyah, dan Introduction to Information Technology (Pengantar Teknologi Informasi-Wiley) karangan Turban-Rainer-Potter.

Pembahasan yang cukup menarik adalah pengertian-pengertian tentang manajemen informasi, sistem informasi manajemen, sistem informasi, teknologi informasi, teknologi sistem informasi, sistem teknologi informasi, sistem informasi teknologi. Ada yang sinonim, ada yang berlawanan, bahkan ada yang rancu tidak bisa dijelaskan maknanya. Masing-masing penulis mempunyai persepsi berbeda-beda tentang itu.

Sebenarnya semua terkait dan mengait satu sama lain, tidak bisa diurai lagi dari mana mulainya. Manajemen TI (IT management) bermakna bagaimana mengelola sumber daya IT dengan prinsip-prinsip manajemen. TI manajemen (IT for management/Management IT) bermakna IT yang dimanfaatkan untuk keperluan manajemen. Tapi, kalau dibahas semua akhirnya dua-duanya akan bertemu dan saling menunjang lagi.

Semua fakta bisa diolah menjadi data kemudian menjadi informasi, di berbagai bidang kehidupan, termasuk di bidang manajemen. Maka, informasi digunakan untuk efisiensi dan efektivitas manajemen. Karena kemudian menggunakan teknologi (sebagian besar teknologi komputer) jadilah teknologi informasi yang menghasilkan informasi untuk manajemen. Awalnta, untuk efisiensi dan efektivitas, tapi kemudian berkembang bagaimana informasi tadi harus bisa membuat perusahaan unggul dalam kompetisi. Menyadari pentingnya informasi untuk keunggulan perusahaan, maka informasi harus dikelola, di-manage dengan baik.

Akhirnya, TI untuk manajemen harus dimenej dengan manajemen TI yang bertujuan untuk manajemen.

Setuju ?

RSS 2.0 | Trackback | Comment


8 Responses to “IT Management”


  1. akhirnya ada posting yg tulisannya banyak 🙂
    nanti aku mampir reguler deh, kalo tulisannya sebanyak gini.
    kalo ada pergantian manajemen di MAZ, kasih kabar ya …. 🙂

  2. ahmad dedi

    salam kenal pak…, saya msh kul di bukittinggi jurusan manajemen…, saya ingin sekali bisa menguasai IT saya harus dimulai dari mana …?

    dedi ( Balai Gurah )


  3. Yang paling mudah aja dulu, belajar dan kuasai Microsoft Office, setelah itu kuasai software atau hardware yang menarik minatmu.


  4. saya ingin belajar networking. dimulai dari mana agar saya bisa belajar efektif. trims atas sarannya.


  5. Musthafa

    Pak dosen wali, saya musthafa it ang 4.
    kita mulai bwt web sprti saran bapak, tp ksulitan di hostingnya.
    gmn saran bpk ?


  6. klo yg Lebih Lengkap nya mn ttg manajemen IT?


  7. @ANDE: coba beli buku Information Technology for Management karangan Turban, penerbit John Wiley & Sons, edisi 5 atau 6, atau yang terbaru edisi 8. Coba cek di: http://as.wiley.com/WileyCDA/WileyTitle/productCd-EHEP001826.html?filter=TEXTBOOK

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>