Alfi’S Expressions

Happy to share my feelings

SEO – Optimasi Search Engine

Familiar dengan Search Engine / Mesin Pencari di Internet ‘kan?

Sebagian besar pengguna Internet pasti mampir ke mesin pencari/search engine ketika mulai menggunakan Internet, entah itu Google (90%), Yahoo!(6%), Microsoft (3%), atau ke salah satu dari ribuan search engine lainnya. Macam-macam yang dicari, mulai dari sekedar gosip, mencari orang, peralatan baru, informasi tentang sesuatu, bagaimana menggunakan alat, mencari produk, hingga membeli barang secara online.

Dengan mampir dulu ke search engine, kita lebih mudah menemukan apa yang kita cari. Tinggal ketikkan “kata kunci”, maka akan muncul daftar semua website yang mengandung kata kunci tersebut. Search engine akan memberikan daftar website sesuai dengan urutan tertentu berdasarkan algoritma yang dibuat search engine tersebut. Biasanya berdasarkan relevan tidaknya website dengan kata kunci yang dicari.

Impian setiap pembuat website adalah bisa tampil di urutan pertama atau paling tidak di halaman pertama hasil pencarian dengan kata kunci tertentu pada search engine. Dengan begitu, kerja mereka tidak sia-sia ‘kan? Apa yang mereka tulis bisa dibaca oleh orang lain. Apalagi kalau kita ingin menawarkan produk yang kita jual, sudah pasti kita ingin ketika orang mencari produk tersebut, website kitalah yang pertama kali dilihat, sehingga kemungkinan besar langsung di-klik oleh si pencari. Makin banyak yang mengklik maka kemungkinan produk kita dibeli makin besar.

Proses yang dilakukan pembuat website agar web-nya dapat tampil di halaman pertama bahkan di urutan pertama halaman pertama inilah yang disebut SEO (search engine optimization). Yang paling diincar adalah Google, karena sekitar 90% pencari menggunakan mesin ini. Google juga mempunyai kriteria yang cukup ketat, sehingga kalau sudah sukses di Google biasanya sukses juga di search engine lainnya.

Tapi, jangan juga terjebak di Google karena algoritma-nya sering berubah, bisa jadi selama ini kita berada di urutan pertama, tahu-tahu besok ketika di-update Google jadi hilang website kita. Untuk itu, perlu juga kita daftar di vertical search engine atau yang lebih sering kita kenal dengan portal atau direktori. Jadi, kita tidak hanya menggantungkan diri di Google saja.

Nah, kebetulan saya baru baca buku tentang SEO nih, daripada cuma dibaca sendiri, lebih baik saya bagi-bagi deh informasinya. Baca besok ya ….

RSS 2.0 | Trackback | Comment


    One Response to “SEO – Optimasi Search Engine”

    1. bella

      Temukan bagaimana caranya menjadi urutan teratas di search engine, Dengan Garansi 100% uang kembali. Kini menjadi top 10 besar di google dan yahoo menjadi jauh lebih mudah dan cepat. Hanya jika anda tahu caranya. Temukan sekarang juga di:

      http://rahasiasearchengine.com/?id=be11a

    Leave a Reply

    XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>