Alfi’S Expressions

Happy to share my feelings

bisnis online

XAMPP 1.7.7 tidak mengenali fitur sqljdbc4.jar

Setelah meng-update XAMPP dari versi 1.7.4 ke 1.7.7, aplikasi JSP di netbook saya tiba-tiba tidak bisa mengakses MS SQL Server 2005. Pesannya: “java.sql.SQLException: No suitable driver found for jdbc:sqlserver://localhost;databaseName = xxx“. Saya menggunakan OS Windows 7, JDK 6u29, MS SQL Server 2005, driver sqljdbc4.jar.

Sebelumnya saya meng-update Java JDK di netbook dari 6u26 ke 6u29, jadi awalnya saya pikir Java 6u29-nya yang mempunyai bug. Ketika saya coba update Java JDK di PC saya ke 6u29, memang terjadi error juga di aplikasi yang sama, bukan “No suitable driver“, tapi koneksi ke MS SQL Server “hang” tidak menghasilkan apa-apa untuk waktu yang lama. Dari oom Google saya mendapat informasi bahwa memang ada bug JDK 6u29 dengan driver MS SQL Server 2005, yang menyebabkan “hang“. Solusinya cukup gampang, tinggal replace file jsse.jar di folder jdk/jre/lib dengan jsse.jar versi JDK sebelumnya (versi 6u27). Tapi, ketika saya lakukan di laptop saya, hal itu tidak berhasil. Aplikasi tetap mengeluarkan pesan error yang sama.

Saya coba instal Java JDK 7u01, masih tidak berhasil. Error yang sama masih keluar. Ketika di PC saya instal Java JDK 7u01, ternyata aplikasi malah tidak masalah. Jadi yang mempunyai bug hanya JDK 6u29, versi di bawah dan di atasnya tidak.

Saya lihat kembali petunjuk penggunaan sqljdbc4.jar di website Microsoft, saya sudah melakukannya dengan benar. Menurut Microsoft, ada perbedaan penggunaan sqljdbc.jar dengan sqljdbc4.jar. Pada sqljdbc.jar, kita harus memanggil driver sqljdbc terlebih dahulu sebelum membuat koneksi, dengan perintah: Class.forName(“com.microsoft.sqlserver.jdbc.SQLServerDriver”), sedangkan pada sqljdbc4.jar tidak diperlukan lagi pemanggilan driver tersebut karena ketika kita membuat koneksi ke SQL Server, otomatis driver-nya akan dipanggil terlebih dahulu. Berarti aplikasi saya sudah memenuhi petunjuk Microsoft.

Karena error aplikasi saya “no suitable driver“, saya pikir jangan-jangan memang driver-nya belum terpanggil. Saya coba menambahkan baris Class.forName seperti ketika menggunakan sqljdbc.jar. Lha, tiba-tiba aplikasi saya bisa mengakses MS SQL Server 2005 ! Saya coba hapus dan tambahkan kembali, ternyata memang harus ditambahkan Class.forName terlebih dahulu sebelum membuat koneksi. Wah, kok Microsoft jadi tidak konsisten nih.

Percobaan saya teruskan dengan mencoba menjalankan aplikasi tersebut pada server glassfish 3.1 dengan JDK 7u1, sqljdbc4.jar, dan tanpa memanggil driver terlebih dahulu. Hasilnya: pada pemanggilan halaman aplikasi pertama kali terjadi error yang sama: no suitable driver, tapi ketika di-muat ulang (refresh), aplikasi bisa mengakses MS SQL Server. Maka, kesimpulan sementara saya server JSP-nya yang mempunyai bug.

Saya bisa memastikan kesimpulan saya tersebut ketika XAMPP 1.7.4 di PC saya di-update ke 1.7.7 terjadi error yang sama. Ketika aplikasi di PC ditambahkan baris Class.forName, semua berjalan normal. Jadi, fitur sqljdbc4.jar (yang tidak perlu memanggil driver terlebih dahulu sebelum koneksi) tidak dikenali oleh XAMPP 1.7.7 (dalam hal ini Tomcat 7.0.21). XAMPP 1.7.7 menganggap sqljdbc4.jar sama dengan sqljdbc.jar.

RSS 2.0 | Trackback | Comment


One Response to “XAMPP 1.7.7 tidak mengenali fitur sqljdbc4.jar”

  1. afris

    kang mantep sekali jsp sama sql server ,saya jadi pengin belajar juga nih ,saya minta tutorialnya dong kang. makasih kang.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>