Alfi’S Expressions

Happy to share my feelings

bisnis online

Cara Cepat Menjadi Datuak

Mekanisme pengangkatan Datuak “Mambangkik batang tarandam” memerlukan proses yang panjang dalam pelaksanaannya. Dari kesepakatan kaum, hingga kesepakatan nagari. Karena Datuak yang akan digantikan sudah lama meninggal, jadi harus diperjelas dulu posisi kekerabatan Datuak dan penggantinya.

Tapi disamping itu ada pula mekanisme pengangkatan Datuak yang cepat. Ada enam cara/mekanisme:

  1. Bungo bakarang, pemberian status penghulu kepada orang YANG BUKAN KAUM-nya asal disepakati oleh para penghulu yang ada di nagari tempat dia tinggal. Gelar ini TIDAK DAPAT DIWARISKAN karena gelar ini semacam pemberian gelar kehormatan kepada yang bersangkutan saja. Tentu saja gelar yg diberikan bukan gelar penghulu bahindu atau di atasnya, melainkan gelar penghulu buah paruik saja.
  2. Mangguntiang siba baju, yaitu cara pengangkatan penghulu yang berasal dari anak kemenakan yang inggok mancakan, tabang manumpu. Anak kamanakan yang inggok mancakan, tabang manumpu maksudnya anak kemanakan YANG BERASAL DARI NAGARI LAIN kemudian mengaku Mamak kepada seorang penghulu di Nagari baru yang ditempatinya.
  3. Gadang manyimpang, yaitu cara pengangkatan seorang penghulu dilakukan disebabkan oleh karena jumlah anak kemenakan dalam suatu kaum sudah berkembang sehingga tidak mungkin diurus oleh seorang penghulu saja, maka diangkat penghulu baru untuk membantu penghulu yang pertama.
  4. Hiduik bakarilahan, yaitu cara pengangkatan seorang penghulu dilakukan di waktu penghulu yang akan digantikan masih hidup. Biasanya cara ini dilakukan karena penghulu yang akan digantikan telah sangat tua sehingga dia tidak mampu lagi melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai pemimpin dalam kaumnya.
  5. Mati batungkek budi, adalah cara pengangkatan seorang penghulu yang dilakukan pada hari itu juga, segera setelah seorang penghulu meninggal dunia. Biasanya cara ini dilakukan ketika pemakaman akan dilakukan.
  6. Tanah ta sirah, perlantikan seorang penghulu apabila penghulu yang sebelumnya meninggal dunia dan sudah dimakamkan selang beberapa jam yang lalu (tidak payah didahului dengan upacara batagak panghulu).

Semoga bermanfaat.

RSS 2.0 | Trackback | Comment


Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>