Alfi’S Expressions

Happy to share my feelings

bisnis online

Doorprise Blackberry Gemini Seminar Android

    Selasa kemarin, 31 Agustus 2010, mulai jam 13:lewat sekali (ngaret), saya mengikuti Seminar & Tutorial Introduction to Android di Aula Timur ITB. Kegiatan yang digelar PT Indosat Tbk kali ini menghadirkan tiga narasumber yaitu Mardi Hendra (CSR Departement Indosat), Andry (Juara I IWIC 2009), dan Adi Android (Developer Android). Selain materi teknis tentang pemanfaatan aplikasi android, para peserta juga memperoleh informasi tentang IWIC (Indosat Wireless untuk Wujudkan Impian Indonesia) 2010.

    Saya berminat mengikuti seminar ini karena saya baru saja memiliki ponsel android: LG GT540 Optimus. Harapan saya, bisa mengenali dasar-dasar membuat aplikasi untuk ponsel android, karena tema acaranya seminar dan tutorial. Walaupun ternyata saya harus kecewa untuk yang satu ini.

    Pendaftaran sudah dilakukan beberapa hari sebelumnya melalui website, kemudian biaya seminar sebesar Rp 10.000 (sepuluh ribu rupiah) langsung dibayarkan ke sekretariat panitia. Dari website, kita mendapatkan PIN untuk mengambil souvenir di pintu masuk Aula Timur. Tapi, anehnya panitia belum siap menggunakan IT yang ada untuk mempermudah peserta. Peserta harus menyebutkan PIN, kemudian panitia mencari secara manual di list yang sudah dicetak! Waduh, kebayang kan harus mencari PIN 200 orang peserta.

    Aneh berikutnya lagi, yang belum membayar biaya pendaftaran, masih boleh mendaftar saat itu juga, kemudian menunjukkan kuitansi, langsung dapat tiket. Lebih cepat masuk daripada yang sudah membayar beberapa hari sebelumnya! Bagaimana nih, panitia seminar tentang IT, tapi tidak mampu memaksimalkan IT-nya untuk mempermudah dan menertibkan peserta seminar ? Kelihatannya, IT baru sebatas digunakan untuk mengetik daftar peserta saja :).

    Setelah mendapat souvenir tas seminar, tabloid PC Plus (kebanyakan sudah kadaluarsa), notes, kami diberikan kupon doorprise. Saya mendapat nomor 118. Begitu masuk, saya dan dua orang teman saya mengambil duduk di posisi paling depan (di belakang tempat duduk VIP). Di hadapan kami ada meja yang berisi hadiah-hadiah doorprise, yang paling mahal 2 handphone Sony Ericsson dan 1 Blackberry Gemini. Saya katakan kepada teman-teman saya, kalau saya dapat Blackberry itu, saya akan jual HP Nokia E71 saya.

    Suasana Seminar

    Isi seminar cukup menarik kalau dilihat dalam skala introduction, walaupun kebanyakan informasi tentang android yang disampaikan, sudah saya baca di media-media massa sebelumnya. Tapi, dalam skala tutorial, seperti yang dicantumkan pada tema seminar, saya merasa tidak mendapat tutorial apapun. Yang ada hanya cerita bagaimana asyiknya jadi pengembang aplikasi android, dan peluang income apa yang bisa didapatkan. Tutorial yang saya harapkan tidak kunjung ada hingga acara hampir selesai. Ya sudahlah, paling tidak masih ada harapan mendapatkan Blackberry…..

    Duduk Paling Depan

    Sepanjang acara, di sela-sela penyampaian seminar atau pergantian pembicara diadakan game-game yang berhadiah souvenir-souvenir, dipandu oleh host yang asal-asalan. Kenapa asal-asalan? Penampilan dan gaya bahasanya sepertinya tidak siap menjadi seorang yang menjadi pusat perhatian di tengah seminar seperti itu. Mestinya bisa tampil lebih rapi lagi.

    Setelah semua pembicara selesai, ternyata masih ada satu acara sisipan dari sponsor yaitu Sony Ericsson, promosi ponsel Sony Ericsson yang ber-OS android: SE X-peria. Karena sudah menjelang adzan Maghrib, waktunya berbuka puasa, promosi ini harus dipercepat, walaupun diprotes halus oleh petugas yang mempromosikan, katanya lebih panjang perjalanan dari Jakarta ke Bandung daripada penyampaian materinya. Ya iyalaaah.

    Menjelang akhir sekali, setelah semua penyampaian materi selesai, tibalah saat yang paling ditunggu-tunggu sebenarnya (loh bukannya sebenarnya ingin mendengarkan tutorial android?): pengundian kupon untuk mendapatkan doorprise. Doorprise juara tiga berupa flashdisk sekian GB jatuh ke tangan orang lain, doorprise juara dua berupa ponsel Sony Ericsson juga jatuh ke tangan orang lain. Tinggal yang terakhir, Blackberry, masih ada harapan gak ya ?

    Ketika nomor kupon ditarik keluar oleh cewek si petugas promosi Sony Ericsson tadi, dia mulai mengeja nomor kuponnya: 1 … 1…. (wah masih ada harapan nih) ……. 8. Saya sedikit bengong, hah ? 118 ? Saya coba lirik nomor kupon di kantong baju saya untuk meyakinkan sekali lagi bahwa nomor yang disebutkan itu memang sama dengan yang di kantong saya. Eh betul, sama! Majulah saya dengan tenang ke depan bersama-sama yang mendapat doorprise lainnya.

    Menerima Doorprise dan Ketua ARC-ITB

    Setelah ditanya kesan-kesan, hadiah doorprise diberikan, dan kami berfoto bersama-sama. Acara ditutup dengan buka bersama, makan ta’jil dan juga makan malam dalam box. Ta’jil dan makanannya cukup memuaskan. Ada yang bagus juga dari acara ini rupanya.

    Berarti, selesai acara ini jadi juga menjual HP Nokia E71 saya nih, seperti yang saya nadzarkan di awal acara….

    Mejeng Bersama Peserta yang Mendapat Doorprise di Akhir Acara

    [all photos are credited to panitia seminar dan tutorial android]

    RSS 2.0 | Trackback | Comment


    One Response to “Doorprise Blackberry Gemini Seminar Android”


    1. gak dapat tutorial..tp dapat blackberry…alhamdulillah……

    Leave a Reply

    XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>