Alfi’S Expressions

Happy to share my feelings

bisnis online

Ketika Katak Ingin Menjadi Sapi

Sebagian besar dari kita pasti pernah mendengar cerita ini waktu kecil, mudah-mudahan cerita ini masih diingat dan membawa manfaat di masa dewasa.

************

Di suatu persawahan di pinggir kampung, hiduplah sekumpulan katak. Di antara katak-katak tersebut ada satu anak katak yang bernama Kenthus, dia adalah anak katak yang paling besar dan kuat. Karena kelebihannya itu, Kenthus menjadi sombong. Dia merasa tidak ada anak katak lainnya yang dapat mengalahkannya.

Pada suatu pagi, Kenthus berlatih melompat di padang rumput. Di situ ada seekor anak sapi yang sedang merumput. Tak sengaja lidah si sapi yang sedang makan rumput menyenggol tubuh si Kenthus.

“Huh, berani benar makhluk ini mengusikku,” kata Kenthus dengan perasaan marah.

“Malah, aku mau ditelannya pula,” pikirnya.

“Belum tahu dia siapa aku ini. Aku ini ‘kan katak yang paling besar dan kuat,” gumamnya.

Kemudian dia menjauh, merenung cukup lama di pinggir sawah, “Bagaimana caranya ya supaya aku bisa jadi lebih besar daripada sapi itu ya?”

Akhirnya dia mendapatkan ide, “Aha! Jika aku meniup tubuhku seperti balon, pasti aku bisa menjadi sebesar sapi bahkan lebih besar lagi.”

Maka, mulailah dia meniup dirinya sendiri dengan tiupan yang amat kuat, mengembangkan tubuhnya semakin besar.

“Apa aku sudah sebesar si sapi?” tanyanya dalam hati.

Lalu, dia kembali ke padang rumput untuk membandingkan tubuhnya yang sekarang.

Ketika dia melihat si sapi,” Ternyata tubuhku masih belum sebesar sapi.”

Kemudian dia kembali meniup tubuhnya kuat-kuat, membuat ukurannya menjadi dua kali yang sebelumnya. Namun, tubuhnya masih belum bisa sebesar sapi. Hal itu membuatnya jengkel. Dia terus meniup tubuhnya, mengembangkan semakin besar, besar, dan besar.

“Hei katak, hentikan perbuatanmu! itu berbahaya! Tubuhmu tidak akan kuat menampung seluruh udara itu!” teriak si sapi.

Tapi si katak tidak mempedulikannya, ia terus meiup tubuhnya, terus, terus, terus, hingga …

“Dorrrrrr!!!!!” tubuh sang katak meletus karena tak mampu menampung udara yang ditiupkannya sendiri. Si katak meletus karena ┬áia mencoba menjadi sapi. Usahanya untuk menjadi sapi telah membunuh dirinya sendiri.

Semoga bermanfaat.

Sumber: dari berbagai sumber (termasuk daru guruku ketika TK dulu :))

RSS 2.0 | Trackback | Comment


    One Response to “Ketika Katak Ingin Menjadi Sapi”

    1. zac bolungs

      ceritanya bagus. inget dikelas dulu ust sering cerita haha. walaupun cuman di ajar setengah tahun tp ilmu yg ust kasih sampe sekarang kepake terus hehe. sukses & sehat selalu ust

    Leave a Reply

    XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>