Alfi’S Expressions

Happy to share my feelings

bisnis online

Lajur Kiri Jalan Tol Malah Lebih Cepat

Ada fenomena menarik belakangan ini ketika berkendara di jalan tol Jakarta-Cikampek. Biasanya lajur paling kiri dipergunakan untuk kendaraan yang berjalan lambat, bus atau truk, sedangkan lajur paling kanan untuk kendaraan yang akan menyalip. Kenyataannya, lajur paling kanan sering menjadi lajur yang paling penuh dengan kendaraan sehingga menyebabkan laju kendaraan melambat. Ditambah lagi banyak juga mobil-mobil berjalan lambat yang dengan santainya tetap konsisten berada di lajur paling kanan. Pengemudi-pengemudi yang kesal dengan perilaku mobil lambat yang berada di lajur kanan ini akhirnya menyalip dari lajur sebelah kirinya. Bahkan, bus dan truk yang harusnya tetap di lajur paling kiri, sekarang ini banyak yang konsisten berada di lajur tengah atau paling kanan.

Menariknya, karena banyak pengemudi yang bertahan di lajur paling kanan atau bagian kanan, lajur paling kiri malah menjadi kosong. Hanya satu dua truk yang berjalan dengan jarak berjauhan. Walaupun tidak sesuai aturan lalu lintas, yaitu menyalip harus dari sebelah kanan, mengemudi di lajur paling kiri ternyata bisa jauh lebih cepat dari pada lajur di sebelah kanannya. Alhasil, hampir sepanjang jalan tol Jakarta-Cikampek saya berada di lajur paling kiri dan jauh lebih lancar, lebih bebas dari macet, dan lebih bebas dari rasa kesal terhadap pengemudi yang berjalan lambat di lajur paling kanan.

Coba deh.

RSS 2.0 | Trackback | Comment


Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>