Alfi’S Expressions

Happy to share my feelings

bisnis online

LG Optimus GT540

Siang tadi, saya dan dua orang teman jalan-jalan ke Istana BEC, Bandung dengan niat mengganti casing HP LG KG195 anak saya yang sudah pecah-pecah. Sampai di counter LG, lantai 2, setelah membuat order pemesanan casing, kami melihat-lihat HP LG yang baru. Iseng-iseng saya tanya ke penjaga counter, adakah HP LG terbaru yang sudah touchscreen, ada WiFi, dan ada GPS-nya dengan harga “terjangkau”?

Beberapa hari ini memang saya sudah pernah menyampaikan kepada teman-teman saya bahwa saya sudah ingin mengganti HP Nokia E71 saya dengan yang touchscreen, dengan fitur yang minimal setara dengan E71 saya tersebut. Karena saya sudah merasa kurang nyaman menggunakan HP qwerty dengan layar terbatas ini.

Ternyata, kata penjaga counter LG itu, ada HP smartphone touchscreen LG yang baru dirilis di Indonesia: LG GT540 Optimus. Fiturnya: Layar 3 inchi, touchscreen, WiFi, A-GPS, OS Android 1.6, prosesor 600MHz, harganya, “cuma” dua juta tujuh ratus ribu rupiah. Wah, patut dipertimbangkan nih, apalagi bagi pembelian dengan kartu kredit CIMB Niaga, ada kemudahan cicilan sampai dengan 12 bulan tanpa bunga! Kebetulan lagi, saya baru dapat kartu kredit CIMB Niaga dua hari lalu, belum pernah dipakai. Walaupun, berkali-kali saya katakan, saya tidak percaya kebetulan, semua kejadian sudah teratur dengan baik: saya memang sudah menginginkan mengganti HP dari qwerty ke touchscreen dengan fitur yang sebanding atau lebih baik, maka ketika keinginan sudah menyatu dengan keyakinan, alam semesta akan mengatur dirinya untuk membantu kita mewujudkan keinginan itu.

Jadi menurut saya, itu semua bukan kebetulan, melainkan pertanda bagi klopnya semua keinginan dan keyakinan saya. Sebelum memutuskan, saya coba cari informasi dulu tentang HP ini. Karena brosur resmi dari LG belum ada, saya cari ke Internet. Di situs phonearena.com, HP ini sudah diulas dan dikategorikan sebagai HP office terbaik LG, bahkan dari segala sisi (balance antara harga, fitur, desain, office) LG GT540 Optimus ini adalah yang terbaik pada merk LG. Karena itu, saya tidak menunggu-nunggu lebih lama lagi, langsung saya ambil kesempatan itu, beli HP LG GT 540 Optimus dan bayar dengan kartu kredit CIMB Niaga saya untuk cicilan 12 bulan!

Setelah dicoba, enak juga menggunakan smartphone ber-OS-kan Android ini. Akses ke Internet lebih cepat daripada E71. Interface Android juga enak dipandang dan mudah dikastomisasi. Aplikasi-aplikasi HP Android juga berlimpah di Internet. Karena sifatnya yang open source, banyak pihak ketiga yang membuat dan menawarkan aplikasi Android baik gratis maupun berbayar. Kumpulan aplikasi ini dapat di-download di androidmarket.com. Mulai dari aplikasi office, pemanfaatan sumberdaya HP, sampai game, dan aplikasi-aplikasi yang ringan tapi berguna seperti menjadikan HP sebagai lampu senter, sebagai metal detektor, sebagai kompas arah kiblat, dan lain-lain.

Disamping kelebihannya, ada beberapa kekurangan yang saya rasakan:

  1. Akses GPS yang cukup lambat, susah sekali menangkap sinyal satelit GPS dibandingkan dengan E71, ditambah lagi ternyata peta yang digunakan GPS ini langsung menggunakan Google Maps, jadi kita harus selalu terkoneksi ke Internet, tentunya makan pulsa bo’.
  2. Kamera yang lambat, ketika kita tekan tombol rana, perlu waktu hampir 2 detik baru gambar terambil.
  3. Boros pulsa, karena banyak aplikasi yang mengharuskan kita terkoneksi ke Internet, seperti GPS, Taskiller, sehingga kalau tidak hati-hati, pulsa kita akan cepat tersedot habis. Mengatasinya, kita bisa berlangganan akses Internet unlimited, atau gunakan aplikasi yang membuat koneksi ke Internet OFF, seperti APN ON-OFF.
  4. Yang paling menjengkelkan adalah koneksi WiFi LG Optimus ini tidak bisa melalui proxy. Saya sudah searching melalui Oom Google, memang sampai versi OS Android 2.2 pun masih belum ada aplikasi yang mengizinkan koneksi OS Android ke Internet melalui proxy. Kenapa menjengkelkan? Karena di kantor (Al-Zaytun) dan di kampus (ITB) koneksi ke Internet menggunakan proxy yang ber-autentikasi. Jadi, kalau di kantor ataupun kampus terpaksa saya gigit jari kalau tidak membawa laptop, tidak bisa konek ke Internet. Saya baru bisa konek ke Internet dengan HP ini jika di rumah atau di kontrakan Bandung, karena menggunakan speedy dan WiFi, yang tanpa proxy.

Tapi, secara keseluruhan, saya cukup puas kok menggunakan HP ini.

Yang mau lihat videonya, bisa klik di sini:

RSS 2.0 | Trackback | Comment


    Leave a Reply

    XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>