Alfi’S Expressions

Happy to share my feelings

bisnis online

Steganography

    Steganography merupakan salah satu teknik pengiriman pesan secara rahasia. Secara istilah, arti steganography adalah memasukkan pesan rahasia ke dalam pesan lain yang tidak rahasia. Pesan lain yang tidak rahasia ini dapat berupa tulisan, gambar, lagu, dan sebagainya. Contohnya, dalam suatu tulisan yang menceritakan tentang sebuah dongeng, di dalamnya bisa kita sisipkan pesan rahasia dengan cara mengubah font huruf-huruf yang membentuk pesan rahasia ke dalam font lain, misal dicetak tebal, dicetak miring, atau dibuat menjadi kapital, yang jika huruf-huruf tersebut dirangkai akan terbaca pesan rahasia yang dimaksud.

    Steganography bisa juga dilakukan dengan menggunakan software. Biasanya, software ini memanfaatkan kekosongan dan kombinasi bytebyte yang membentuk suatu jenis file tertentu. Kekosongan ini bisa diisi dengan bytebyte yang nantinya membentuk pesan rahasia. Contohnya, Robert de Bath mengatakan bahwa:

    “Ada dua fakta tentang file dengan ekstensi .GIF dan .ZIP yang perlu diketahui. File GIF sudah didefinisikan panjangnya di depan, sehingga byte-byte setelahnya akan diabaikan, sedangkan file ZIP didefinisikan di akhir file, sehingga byte-byte di depannya diabaikan. Sehingga suatu file dapat menjadi GIF atau ZIP hanya dengan mengubah ekstensinya saja, jika bytebyte di depan diisi file GIF sedangkan bytebyte di akhir diisi file ZIP. Contohnya ada pada gambar di bawah ini. Unduh gambar GIF tersebut ke komputer Anda, kemudian ganti ekstensinya dengan ZIP, kemudian buka dengan aplikasi ZIP, Anda akan melihat file GIF tadi mengandung pesan berupa file ZIP di dalamnya.”

    GIF to ZIP

    (courtesy of http://www.cs.cmu.edu)

    Ada banyak lagi teknik-teknik pembuatan steganography lainnya.

    Berkaitan dengan tugas mata kuliah Keamanan Informasi Lanjut dengan dosennya Dr. Budi Rahardjo, saya membuat suatu steganography seperti gambar di bawah ini. Gambar ini adalah gambar pertandingan catur antara juara dunia catur, Garry Kasparov melawan Shohrat Muratkuliev pada tahun 1973 di Baku, yang dimenangkan oleh Garry Kasparov. Pada gambar tersebut saya menyimpan pesan rahasia.

    Silakan dicari apa pesan tersebut, jawab dalam komen di bawah ini ya?

    steganography

    RSS 2.0 | Trackback | Comment


    2 Responses to “Steganography”

    1. andri

      cara membaca pesan yg seperti ini gimana mas


    2. yang seperti apa tuh?

    Leave a Reply

    XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>