Alfi’S Expressions

Happy to share my feelings

Ummul Istighfar, Sayyidul Istighfar, Penghulu Istighfar

    Baru mendapat tweet dari Ust. Yusuf Mansur, diajak baca ummul istighfar sore-sore, dan apa itu ummul istighfar disuruh cari di Internet. Saya coba gugling tidak ketemu apa yang disebut ummul istighfar itu. Tapi, berdasarkan sepotong awal ummul istighfar yang dicuplikkan Ust. Yusuf Mansur di Facebook, saya menemukan istilah lain untuk istighfar itu yaitu sayyidul istighfar atau penghulu istighfar. Berikut bacaannya:

    ummul istighfar - sayyidul istighfar - penghulu istighfar

    Dalilnya berdasarkan hadits Bukhary:

    Nabi shollallahu ’alaih wa sallam bersabda: “Penghulu Istighfar ialah kamu berkata: “Allahumma anta rabbi laa ilaha illa anta kholaqtani wa ana ‘abduka wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu a’udzubika min syarri ma shona’tu abu-u laka bini’matika ‘alaiyya wa abu-u bidzanbi faghfirli fa innahu laa yaghfirudz-dzunuuba illa anta (Ya Allah, Engkau adalah Rabbku. Tiada ilaha selain Engkau. Engkau telah menciptakan aku, dan aku adalah hambaMu dan aku selalu berusaha menepati ikrar dan janjiku kepadaMu dengan segenap kekuatan yang aku miliki. Aku berlindung kepadaMu dari keburukan perbuatanku. Aku mengakui betapa besar nikmat-nikmatMu yang tercurah kepadaku; dan aku tahu dan sadar betapa banyak dosa yang telah aku lakukan. Karenanya, ampunilah aku. Tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain Engkau).” Barangsiapa yang membaca doa ini di sore hari dan dia betul-betul meyakini ucapannya, lalu dia meninggal dunia pada malam harinya, maka dia termasuk penghuni surga. Barangsiapa yang membaca doa ini di pagi hari dan dia betul-betul meyakini ucapannya, lalu dia meninggal dunia pada siang harinya, maka dia termasuk penghuni surga.” (HR Bukhary 5831).

    Dari: berbagai sumber.

    RSS 2.0 | Trackback | Comment


    2 Responses to “Ummul Istighfar, Sayyidul Istighfar, Penghulu Istighfar”

    1. hamba ILAHI

      mohon share gmbrnya di facebook ya…jazakallahu khairan kathira.

    2. gusgie

      ijin copy. trims.

    Leave a Reply

    XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>